nozbe-business-home4

 

Menghadapi Karakter Rekan Sekerja – Tentukan sangat menyenangkan mempunyai kehidupan profesi yang sesuai dengan apa yang kita inginkan ditambah lagi suasana bersahabat dan kooperatif yang ditunjukan oleh para rekan sekerja kita. pekerjaan yang dianggap berat pun akan terasa ringan akibat dukungan para teman yang membahagiakan. Namun ketika rekan sekerja menjadi batu sandungan (kendala) bagi Anda, terlebih kehadirannya menghambat kinerja kita, apa yang harus dilakukan?

Banyak ragam perilaku menjengkelkan di kantor, mulai dari suka mencari muka kepada atasan, senang mengadu domba, senang memanfaatkan demi kepentingan pribadi, iri hati dan sebagainya. Menghadapi orang-orang seperti ini memang tidak
mudah, karenanya agar keberadaan orang-orang ini tidak mengganggu kita sehingga kita tetap nyaman bekerja, berikut tipsnya:

1. MEMAHAMI ALASANNYA
Banyak faktor yang mcmpengaruhi pembentukan karakter seseorang. Selain sifat dasar yang diberikan Tuhan sejak lahir, kondisi keluarga dan lingkungan juga sangat berperan besar dalam pembentukan tersebut. Untuk itu berusahalah memahami alasan kenapa si individu bisa berperilaku demikian. Tidak jarang mereka yang suka mencari perhatian biasanya karena sejak kecil memang kurang diperhatikan keluarga maupun lingkungan. Orang-orang seperti ini ‘haus’ perhatian maupun penghargaan. Jika memahami hal ini, kita cenderung untuk berempati terhadap dirinya.

2. ANDA BEBAS BEREAKSI
Salah satu ciri seseorang dianggap dewasa apabila ia mampu mengendalikan diri dan emosi ketika menghadapi sebuah masalah. Kekuatan ini lahir dari mereka yang sudah memiliki prinsip dan menemukan nilai-nilai dalam hidupnya. Oleh karenanya mereka bebas memilih respon dari setiap stimulus yang datang dari luar dirinya. Sama halnya dalam menghadapi rekan kerja menjengkelkan, Anda bebas untuk memilih respon. Entah itu, mau ikut marah, diam atau bahkan berterima kasih karena belajar sesuatu dari kejadian tersebut. Tidak jarang mereka yang sudah bebas ini dapat tersenyum ketika ‘c0baan’ datang padanya.

3. UCAPKAN SYUKUR
Inilah salah satu yang sukar kita lakukan jika mcnghadapi masalah, yaitu tetap mengucap syukur. Mengapa mengucap syukur? Karena setiap peristiwa yang kita alami, kita dapat belajar dari hal tersebut. Dan pastinya kita menjadi bijak untuk terus melakukan yang tepat dan melupakan hal yang tidak solutif. Karena itu mengucap syukurlah.

(Artikel Motivasi)