Melihat Kesempatan – OK, Anda berkata, saya percaya ada banyak kesempatan itu yang dapat kita raih (manfaatkan). Tapi, di mana tepatnya kesempatan itu berada? Bagaimana cara menemukannya?

Untuk melihat kesempatan. Anda harus membuka diri terhadap semua kesempatan yang ada di sekitar kita. Ada sebuah contoh. Perhatikan gambar di bawah. Ada berapa bujur sangkar di sana?

KOTAK

Sekarang, hitung kembali jumlah bujur sangkar itu. Masihkah Anda yakin dengan jawaban Anda, dengan apa yang sedang Anda lihat? Ada 30 bujur sangkar. Semuanya ada di sana. Ketiga puluh bujur sangkar itu adalah:

• 1 bujur sangkar besar
• 16 bujur sangkar kecil, masing-masing terdiri atas 1 bujur sangkar
• 4 bujur sangkar, masing-masing terdiri atas 9 bujur sangkar
• 9 bujur sangkar, masing-masing terdiri atas 4 bujur sangkar

Kebanyakan orang hanya melihat 16 bujur sangkar kecil; mereka tidak menghitung—”melihat”—bujur sangkar lainnya. Jika Anda melihat ke-30-nya, bagus!—Anda kemungkinan sudah pandai melihat kesempatan. Namun, bila Anda tidak melihat k0tak-k0tak ekstra itu, mungkin inilah saatnya melatih keterampilan ”melihat” Anda. Anda lihat, sebagaimana kita mengabaikan banyak bujur sangkar dalam diagram di atas, kita juga telah mengabaikan banyak kesempatan yang “ada” di depan kita.

Masih belum yakin? Cobalah apa yang saya sebut sebagai “te0ri iklan baris” saya. Carilah sebuah surat kabar terbitan kota terbesar yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Belilah satu eksemplar surat kabar. Bukalah pada bagian iklan baris. Tahukah Anda apa yang tertulis disitu? Benar: lowongan pekerjaan. Dan pekerjaan, dan lebih banyak pekerjaan. Setiap pekerjaan yang ditawarkan, tidak peduli posisi dengan upah minimum atau dengan gaji eksekutif enam digit, merupakan kesempatan. Saya jamin Anda akan melihat lebih banyak kesempatan dalam surat kabar itu daripada kesempatan yang tersedia untuk keseluruhan populasi penduduk di kepulauan yang jauh.

Anda harus melatih pikiran, mata, dan otak Anda untuk “melihat”kesempatan di mana pun. Jadi jangan lewatkan kesempatan di depan Anda, karena kesempatan yang sama hanya datang satu kali saja. Berlatihlah untuk  melihat kesempatan yang Anda, sukses untuk Anda . Semoga artikel motivasi mengenai Melihat Kesempatan dapat bermanfaat untuk Anda.

Sumber : Artikel Motivasi